Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Jantung

Penyakit jantung selalu membuat si penderita merasakan was-was, mengetahui sejak awal gejala penyakit jantung bisa membuat anda lebih hati-hati. Umumnya penderita penyakit jantung berfikir bahwa setelah divonis memiliki penyakit jantung menjadi takut untuk berolahraga. Padahal, olahraga yang aman untuk penderita jantung juga banyak lhoo.

Berikut ini ada beberapa pilihan Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Jantung :

Jalan Kaki
Jalan kaki di pagi dan sore hari baik untuk kesehatan jantung Anda. Olahraga ini tergolong olahraga yang aman untuk penderita jantung karena tidak melelahkan kerja jantung. Justru dengan melakukan olahraga ringan ini jantung Anda terlatih untuk bekerja dengan tenaga yang sedikit.

Yoga
Yoga masuk dalam jenis olahraga yang ringan untuk penderita jantung. Yoga dapat menurunkan tekanan darah dan otot lebih lentur. Yoga memfokuskan pada pengaturan pernafasan Anda, sehingga membuat Anda lebih rileks.

Aerobik
Penderita jantung sebisa mungkin memang bergerak secara rutin, namun gerakan yang dilakukan tidak melebihi batas kemampuan Anda. Aerobik bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang aman untuk Anda. Ambillah kelas-kelas aerobik di pusat kebugaran di sekitar rumah Anda atau bentuklah kelompok aerobik khusus penderita jantung. Dengan membentuk komunitas biasanya seorang penderita jantung merasa lebih semangat dalam berolahraga.

Berenang
Berenang adalah salah satu olahraga yang bisa memacu denyut jantung. Selain menyehatkan, berenang bisa menjauhkan seseorang yang sehat terhindar dari resiko penyakit jantung. Denyut jantung akan meningkat disebabkan adanya resistensi multi arah dari air yang ada di kolam renang. Berenang termasuk olahraga yang aman untuk jantung Anda. Lakukan dengan rutin.

Sebelum memulai olahraga apaun, sebaiknya anda melakukan pemanasan selama 5-10 menit supaya otot-otot anda tidak kaget. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Untuk penderita jantung, lakukan olahraga setelah 2-3 jam anda mengkonsumsi makanan.

Tidak boleh melakukan kegiatan olahraga saat kondisi anda sedang tidak fit, cuaca tidak bersahabat (terlalu dingin atau terlalu panas), jangan langsung mandi begitu selesai berolahraga, jangan melakukan olahraga yang berat dan lari dalam jarak yang jauh. Setelah olahraga selesai, jangan lupa melakukan pendinginan, lakukan pola hidup yang sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung Anda. Hindari hal-hal yang harus dihindari bagi penderita penyakit jantung.

0 Response to "Olahraga Yang Aman Untuk Penderita Jantung"

Post a Comment